Perbedaan microwave dan oven

perbedaan microwave dan oven

Padasaat memasak selain menggunakan kompor, terkadang kita menggunakan microwaveatau oven untuk membantu dalam proses memasak. Namun tahu kah kalian, bahwa microwave atau oven tidaklah sama, masing-masing memiliki cara kerja, fungsi dan hasil masakan yang berbeda? Memang secara tampilan  perbedaan microwave dan oven sulit untuk dibedakan,Nah di sini kita akan membahasmengenai perbedaan microwave dan ovenagar kita tidak salah pada saat memilih nya. Sebelum kita membahas mengenai perbedaan microwave dan oven kita bahasdulu pengertiannya.

Microwave

Apa itu microwave?

Microwave merupakan alat untuk memasak yang menggunakan radiasi gelombang mikro elektromagnetik. Microwave bekerja dengan cara menggunakan gelombang mikro pada frekuensi 2500 MHz sehingga mampu menembus makanan dan menyerap air, lemak dan gula dan membuat atom dapat teraduk lau menghasilkan panas. Salah satu kelebihan dari microwave adalah makanan lebih cepat matang, sehingga lebih menghemat waktu.

Jenis-jenis microwave.

Sebelum kita membeli microwave ada sebaiknya kita mengetahui jenis-jenis dari microwave berdasarkan fungsi dan cara penggunaannya.

  1. Microwave biasa (basic microwave), memiliki fungsi untuk menghangatkan makanan. Microwave jenis ini memang tidak memiliki fungsi spesial dibandingkan dengan microwave jenis lain, karna hanya bisa digunakan untuk menghangatkan makanan saja, namun microwave biasa ini bisa di gunakan juga untuk memasak makanan, hanya saja hanya untuk makanan yang simpel atau memasak nya tidak terlalu sulit, contohnya seperti memasak mie instan atau popcorn.
  2. Grill microwave, memiliki fungsi bukan hanya untuk menghangatkan makanan saja, namun juga dapat digunakan untuk memanggang makanan, seperti ikan, daging, atau ayam.
  3. Convection microwave, jenis microwave ini memiliki fungsi paling lengkap dibandingkan dengan microwave jenis lain, karena selain berfungsi menghangatkan, memasak, dan memanggang daging, microwave ini juga dapat digunakan untuk memanggang kue dan roti. Sehingga convection microwave ini sangat berguna untuk membantu proses memasak. Bahkan microwave ini memiliki fitur pengaturan suhu dan bisa menghembuskan udara agar suhu panas lebih merata sehingga makanan yang dimasak dapat matang sempurna.
Baca Juga :  Yuk Coba Resep Kulit Lumpia Basah Anti Gagal!

Oven

Jika seseorang memiliki hobi memasak, maka oven menjadi salah satu peralatan memasak yang wajib ada di dapur. Oven sendiri ada yang menggunakan sumber panas api atau gas, dan listrik. Seperti microwave, oven juga memiliki beberapa jenis yang sering di gunakan di rumah maupun di industri baking, yaitu:

  1. Oven tangkring, oven jenis ini pling sering di jumpai di rumah, karena harganya yang paling terjangkau dan penggunaannya simpel dibandingkan dengan oven jenis lain. Penggunaan oven tangkring ini sangat mudah, dengan meletakkan di atas kompor. Kelebihan oven jenis ini adalah penggunaan nya yang lebih simpel dan mudah dibawa kemana-mana. Kekurangan oven tangkring yaitu tidak adanya pengaturan suhu panas yang diperlukan pada saat memasak makanan, pengaturan suhu hanya dapat di lakukan dengan melakukan pengaturan pada besar kecilnya api yang di gunakan pada kompor.
  2. Oven listrik, merupakan oven yang paling banyak kegunaannya, bahkan lebih praktis dan cepat pada saat proses memasak. Oven jenis ini tersedia dengan banyak variasi sesuai kapasitas, kegunaan dan harga. Kelebihan dari oven listrik ini yaitu, tidak perlu repot bolak-balik mengecek masakan, karena sudah tersedia pengaturan waktu yang diperlukan pada saat memasak, dalam hal pengaturan suhu oven listrik juga sudah dilengkapi fitur otomatis, tinggal memencet tombol yang tersedia. Bahkan seiring perkembangan teknologi oven listrik dapat diatur jika kita ingin memasak kue atau masakan lain, maka sudah diatur secara otomatis. Namun selain memiliki kelebihan oven listrik juga memiliki kekurangan, yaitu, harga yang relatif lebih mahal dibandingkan oven tangkring, penggunaan listrik yang relatif lebih banyak.
  3. Oven gas, biasanya digunakan pada industri makanan, karena kapasitasnya yang besar dapat mengolah makanan dalam porsi lebih banyak dalam sekali memasak. Sesuai dengan namanya oven ini menggunakan gas elpiji sebagai sumber panas. Salah satu kelebihan oven gas yaitu adanya pengaturan suhu otomatis, dan disediakan termometer sebagai penunjuk suhu. Namun kekurangan oven jenis ini adalah penggunaan gas yang lebih boros, oven jenis ini rentan mengalami kebocoran sehingga usahakan sesering mungkin untuk mengecek peralatannya.
Baca Juga :  8 Resep Olahan Dari Kentang Goreng

Berdasarkan penjelasan mengenai fungsi dan jenis microwave dan oven di atas, dapat disimpulkan perbedaan microwave dan oven, yang paling mencolok terdapat pada penggunaan waktu, pada microwave penggunaan waktu yang diperlukan lebih singkat dibanding oven. perbedaan microwave dan oven  selanjutnya adalah sumber panas yang di gunakan pada microwave hanya listrik, sedangkan pada oven menggunakan listrik dan gas. perbedaan microwave dan oven  juga terlihat dari pengaturan suhu, microwave memiliki pengaturan suhu otomatis, sedangkan pada oven pengaturan suhu secara manual, dengan mengatur besar kecilnya api yang digunakan.

Perbedaan microwave dan oven listrik

Banyak yang sulit membedakan antara microwave oven, karena secara tampilan yang terlihat dua benda ini terlihatsama saja. Nah agar kita tidak keliru pada saat membeli, sebaiknya mengetahuiapa saja perbedaan microwave dan ovenlistrik.

  1. Microwave memiliki cara kerja dengan menghasilkan gelombang mikro elektromagnetik yang mampu menembus makanan dan mencampur molekul air dan lemak secara merata, sedangkan oven listrik menempatkan sumber panas di luar makanan dan meningkatkan suhu panas kedalam makanan.
  2. Dalam hal fungsi, microwave memiliki keterbatasan yaitu hanya terbatas untuk memanaskan makanan saja. Sedangkan oven memiliki fungsi memasak dan memanggang makanan.

Apa perbedaan microwave dan oven

perbedaan microwave dan oven

Pada dasarnya microwave dan ovenmemiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan pada saat proses memasak.Namun tahukan kalian, apa perbedaan microwavedan oven yang sering kita jumpai?

  1. Oven membutuhkan waktu lebih lama pada saat memasak, karena pada saat panas dihantarkan lebih lama merata, sehingga mempengaruhi saat proses pematangan. Sedangkan microwave membutuhkan waktu lebih singkat, karena panas yang dihantarkan lebih cepat merata.
  2. Pada saat pengaturan suhu oven lebih sulit, karena pengaturan suhu hanya dapat dilakukan dengan cara manual, yaitu mengatur besar kecil api yang digunakan. Sedangkan pada microwave  suhu diatur secara otomatis hanya tinggal memilih tombol sesuai fitur yang telah disediakan.
  3. Berdasarkan kapasitas oven lebih unggul, karena oven memiliki ruang lebih besar sehingga jumlah makanan yang dapat dimasak lebih banyak. Sedangkan microwave memiliki ruang lebih kecil sehingga pada saat memasak tidak dapat memuat makanan lebih banyak yang dapat mempengaruhi tingkat kematangan makanan.
  4. Dalam menggunakan wadah, oven dapat menggunakan wadah atau loyang anti panas jenis apapun sehingga tidak perlu repot untuk menentukan wadah yang akan digunakan. Sedangkan microwave harus memperhatikan jenis wadah atau loyang tahan panas apa saja yang dapat digunakan, lebih baik gunakan wadah yang di rancang khusus untuk microwave, dan penggunaan wadah dengan tutup sangat tidak disarankan karena dapat meledak.
  5. Hasil makanan pada oven lebih renyah dan matang sempurna. Sedangkan microwave  hasil makanan akan lebih kering dan kurang nikmat.
Baca Juga :  Olahan Ayam Goreng: Bumbu Ayam Geprek

Author: Zack Armstrong