Tongseng Ayam, Olahan Ayam Sederhana

olahan ayam sederhana

Indonesia dikenal dengan berbagai kuliner khas nusantara yang nikmat. Indonesia memang kaya akan sumber daya alam, begitu melimpahnya sumber daya alam menciptakan beragam flora dan fauna. Selain dikenal dengan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia juga dikenal dengan kulinernya.

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai olahan ayam sederhana yang satu ini berasal dariJawa Tengah. Tongseng Ayam ini merupakan salah satu jenis masakan nusantara yang menjadi idola disaatmusim hujan. Masakan ini berbahan dasar daging ayam, rasa gurih dari bumbu dankuahnya yang nikmatdipadukan dengan daging ayam yang lembut membuat Tongseng Ayam menjadi salahsatu makanan favorit masyarakat lokal.Sebetulnya Tongseng ini merupakan masakandengan daging merah seperti daging sapi ataupun kambing. Tapi  seiring dengan waktu, inovasi tongseng dengandaging ayam mulai beragam. Jangan khawatir, rasanya tetap enak.  

Masakan khas dari jawa tengah ini, menurut sejarahnya berawal dari abad ke 18 hingga 19 Masehi. Saat bangsa Arab dan India masuk ke Indonesia. Kedatangan bangsa asing ini awalnya hanya untuk berdagang. Namun saat berdagang itulah terjadi pertukaran informasi dan budaya, bangsa asing inilah yang memperkenalkan masakan dengan daging kambing. Zaman dulu, daging kambing belum menjadi sajian makanan popular. Nah, lambat laun, olahan daging kambingpun beragam sesuai dengan ciri khas wilayahnya untuk diolah. Kemudian, tongseng sendiri lahir dengan perpaduan satue dan gulai. Meskipun ini adalah Tongseng ayam, bukan berati jadi beda rasanya lho. Justru sama enaknya. Lebih enak lagi bila dinikmati dengan sepiring nasi hangat bertabur bawang dan kerupuk. Beuh, makan jadi terasa afdol. Tongseng ayam bisa dijadikan sebagai menu andalan untuk makan di rumah. Selain karena lebih murah dibandingkan dengan daging kambing, daging ayam lebih cepat matangnya. Tentu saja cara mengolah tongseng ini tidak rumit dan sangat praktis. ada dua metode dalam proses pembuatan tongseng, yaitu rebus dan tumis. 

Baca Juga :  Resep Kue Kering Sederhana yang Dapat Anda Buat

Metode pertama yakni merebus, proses ini dimulai dengan proses pembuatan gule. Awalnya, bumbu yang ada ditambahkan ke dalam santan dan dimasak sampai matang. Setelah air rebusan bumbu ini siap, dilanjutkanlah sampai ke metode tumis. Bumbu tumisan ini diiris-iris tipis dan diitumis dalam minyak panas sampai harum. Baru deh daging yang masih mentah masuk ke dalam panci berisi kuah gulai. Lalu tunggu sampai matang. 

Memasak tongseng memangg diawali dengan menyampurkan irisan daging ayam, tomat, daun loncang dan tomat. Untuk penggemar pedas, iriskan kecil-kecil cabe rawit. Setelah itu segera disiapkan bumbu-bumbu yang akan ditumis. Setelah bumbu yang tumis mulai layu diberi kuah dari kaldu ayam, lalu daging dan irisan sayur lalu proses ungkep.

Untuk membuat bumbu tongseng ayam yang enak dan gurih, yang kalian perlukan untuk bumbu tongseng adalah bawang putih, bawang merah, kemiri yang disangrai, kunyit, jahe dan ketumbar. Membuat semangkuk Tongseng Aya mini lebih mudah dibandingkan membuat tongseng sapi atau kambing.

Nah, Jangan lupa yang jadi ciri khas dari tongseng ya, yaitu irisan kol yang banyak, tomat dan semburat pedas merica.

Sebagai mana yang kitaketahui bahwa kuliner dari Indonesia kental dengan bumbu rempah yangberaroma lezat. Lezatnya makanan nusantara ini beragamjenisnya. Saking beragamnya,makanan nusantara di setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. MakananIndonesia merupakan kreasi dari berbagai olahan bahan makanan. Mulai dariolahan kedelai seperti tahu dan tempe, olahan daging menjadi sate atau gulai, olahan ayam sederhana menjadi berbagai anekamasakan. Termasuk tongseng ayam yang sudahkita bahas tadi.

Untuk mengetahui lebih jelas tongseng ayam dapat Anda baca di sini

Author: Zack Armstrong