8 Resep Olahan Dari Kentang Goreng

kentang goreng

Apakah Anda termasuk tipe orang yang suka memesan french fries  atau kentang goreng setiap ke fast food? Rasanya yang asin, gurih, dan juga renyah menjadi salah satu ciri khas cita rasa kentang goreng. Jadi tidak heran, jika banyak sekali orang yang menyukai camilan satu ini. Kalau biasanya di Indonesia, french fries alias kentang goreng banyak ditemukan di fast food sebagai pendamping  makan ayam, lain halnya dengan beberapa negara ini. Di sana bukan hanya menjadi pendamping makan ayam saja.

Dalam artikel ini akan kami bahas juga tentang resep olahan kentang. Mari kita simak informasi detailnya: 

  • Fish and Chips – Inggris

Pastinya sudah gak asing lagi, dong dengan makanan satu ini? Banyak banget penggemarnya. Makanan khas  Inggris ini menyajikan ikan yang dibalut dengan tepung dan digoreng. Nah, kentang goreng dijadikan pelengkap saat menyantap fish and chips. Di atasnya, diberikan saus tartar yang super yummy.

  • Belgian Frites – Belgia

Belgia terkenal dengan banyaknya camilan enak, seperti cokelat dan waffle. Yang pastinya juga gak ketinggalan adalah frites. Belgian Frites digoreng dua kali, rasanya asin dan disajikan dengan mayonnaise. Biasanya di Belgia, makanan ini dijual di restoran dan  pedagang kaki lima dengan menggunakan garpu kecil.

  • Moules Frites – Perancis

Meski Belgia termasuk dalam penemu hidangan ini, tetapi Perancis telah mengadopsi Moules Frites menjadi kuliner miliknya. Terdiri dari kerang yang dikukus dalam anggur putih dan ditemani frites gurih. Makanan satu ini biasanya cocok untuk makan siang atau makan malam.

  • Patatje Oorlog – Belanda

Mungkin Anda akan terkejut dengan kentang goreng yang satu ini. Pasalnya, kentang goreng ini memiliki pilihan saus yaitu, saus kacang dan mayonnaise. Kemudian, disajikan dengan bawang cincang mentah. Kebayang gak bagaimana dengan rasanya? Di Belanda, Patatje Oorlog menjadi makanan pinggir jalan yang sangat populer.

  • Salchipapas – Peru
Baca Juga :  Resep Puding Mangga yang Menggoda Lidah

Makanan ini bukan hanya populer di Peru saja, tetapi hampir di seluruh bagian Amerika Latin. Salchipapas merupakan kentang goreng yang di atasnya diberi irisan sosis dan disajikan dengan berbagai saus. Misalnya seperti, saus tomat, mayonais,  mustard, dan salsa tomat bawang.

  • Poutine – Kanada

Awal mulanya, makanan ini ditemukan di Quebeec dan menjadi salah satu hidangan khas miliki Kanada. Dalam hidangan ini, kentang goreng harus dimasak dengan tingkat kematangan yang sempurna. Kemudian di bagian atasnya, akan diberikan keju dadih dan saus cokelat. Nah, kedua sausnya ini yang memberikan cita rasa menarik dari Poutine.

  • Gryros – Yunani

Hampir mirip dengan bentuk Taco milik Meksiko, tetapi gyros dilapisi oleh roti pita. Isinya pun tidak hanya daging dan sayuran. Ada pula pilihan kentang goreng untuk diletakkan di dalamnya. Tentu saja dengan bumbu sausnya yang khas.

  • Chipsi Mayai – Afrika Timur

Pada dasarnya, makanan ini adalah omelet Perancis, tetapi sangat populer di Tanzania, Afrika Timur. Uniknya, bukan hanya sekedar jadi pendamping, kentang goreng ini langsung dicampur dengan adonan omelet dan ditambahkan sayur-sayuran. Kebanyakan orang menambahkan saus tomat, kachumbari, atau salad tomat bawang, dan cabai di atasnya. Chipsi Mayai banyak sekali ditemukan di pedagang-pedagang kaki lima di Tanzania.

Author: Zack Armstrong