Udah Coba Fettuccine Kare Ayam? Ini Resepnya!

Kare Ayam
Kare Ayam

Ladies, mimin dapat masalah nih. Kali ini keluarga besar akan datang dimana berisi Bude, Pak De, Ponakan-ponakan, sepupu yang semuanya pasti ingin hidangan utama yang berbeda selera. Mimin mulai panik dan kebingunan dengan ‘tuntutan’ selera meraka. Setelah searching sampai ingetnya bumbu-bumbu terus mimin menemukan solusi yang layak dicoba. Yaitu mencoba membuat perpaduan pasta dan kare ayam. You can call me genius hoho sebenarnya sudah banyak yang menawarkan resep ini tapi mimin yakin resep ini akan disukai oleh semuanya. Dimana kebanyakan sepupu dan ponakan mimin akan suka dengan fettucine tapi tidak melewatkan lidah Indonesia nya yang sama seperti Pak De dan Bude.

Ok then let’s do this! untuk membuat resep ini siapkan beberapa bumbu dan bahan berikut ini.

Rempah yang di Haluskan

  • 10 buah bawang merah
  • 6 buah cabai merah
  • 2 siung bawang putih
  • Kunyit, kemiri, jahe, ketumbar
  • 1 sdt jintan
  • Garam secukupnya
  • ¼ buah Kelapa parut

Bahan Campuran Kuah Kare

  • 1 Kg Ayam
  • 700 ml Santan cair
  • 125 ml Santan Kental
  • 3 Sdm minyak goreng
  • 2 Cm Kayu manis
  • 2 Batang Serai
  • 500 gr Fettucine

Setelah menyiapkan seluruh bahan bumbu dan bahan utama pembuatan menu ini sekarang kita langsung eksekusi ayam dan fettucine ini. Untuk membuat resep ini ladies tinggal mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Membuat Resep Fettucine Curry

  1. Panaskan air untuk memasak fettucine
  2. Tambahkan garam dua sdt kedalam air yang sudah mendidih kemudian aduk
  3. Masukan fettucine ke dalam air mendidih yang sudah diberi garam dan tunggu sampai fettucine benar-benar matang
  4. Tiriskan fettucine dan siram dengan air es. Fungsinya untuk menghentikan proses memasak pada fettucine. Karena pasta tidak akan berhenti memasak dalam beberapa saat setelah keluar dari air rebuskan.
  5. Panaskan wajan dengan minyak secukupnya.
  6. Tumis bumbu halus yang sudah disiapkan dan tunggu sampai mengeluarkan aroma wangi.
  7. Masukan ayam yang sudah dicuci dan dipotong-potong ke dalam bumbu tumis yang sudah matang. Aduk-aduk sampai bumbu tumis meresap ke potongan ayam
  8. Tambahkan garam sebagai penambah rasa, aduk-aduk sebentar dan segera masukan santan cair. Aduk sebentar dan tunggu sampai mendidih sembari diaduk gradually.
  9. Jika bumbu sudah terlihat mulai mengental dan ayam sudah lunak itu tanda sudah waktunya memasukan santan kental kemudian tunggu kembali sampai mendidih dan aduk sesekali.
  10. Siapkan piring saji dengan fettucine di dalamnya
  11. Siram fettucine dengan kuah kare dan ayam

Tips Menghilangkan Bau Pada Ayam

Eits.. bukan mimin namanya kalau tidak berbagi tips. Sebelum kalian menutup tab resep ini ada tips bagaimana caranya untuk menghilangkan bau pada ayam yang akan kita buat ini.

Jeruk Nipis + Garam

Semua mamak di Indonesia bahkan didunia pasti sudah sangat mengenal cara klasik ini. Ladies bisa menggunakan perasan jeruk nipis dan garam. Cara tersebut sudah terbukti akan menurunkan bau anyir dari ayam.

Asam Jawa

Selain cara klasik dengan menggunakan jeruk nipis dan garam kamu bisa menggunakan air asam jawa untuk menghilangkan bau anyir dari ayam. Selain menghilangkan bau anyir dengan menggunakan metode ini kamu juga bisa sekalian menghilangkan lendir yang masih pada ayam.

Okedeh ladies, sepertinya keluarga besar mimin sudah datang. Sebaiknya mimin pamit undur diri sebelum mereka menerobos masuk dan menghancurkan gerbang depan. Tunggu resep dan tips-tips seputar memasak lainnya dari mimin. Cherrio!

Image by Sharon Ang from Pixabay

Author: Zulfian Prasetyo