Tips Cara Memasak Daging yang Baik

cara memasak daging

Daging merupakanbahan makanan yang mengadung protein. Daging merah sepertidaging sapi ataukambing memang memiliki kandungan protein dan zat besiyang tinggi. Oleh karenaitu, mengonsumsi daging ini sangat baik untuk pertumbuhan tubuh. Namun, meskipunmemiliki kandungan protein tinggi banyak yang menganggap kandunganlemak dan kolesterollebih tinggi sehingga banyak orang yang engganuntuk mengonsumsidaging. Mengkonsumsi daging ini hanya akan meningkatkanrisiko stroke, darah tinggi, hingga obesitas. Padahal apabila dimasak ataudiolah dengan baik, daging ini tetap memberikan banyak manfaat kesehatan.

Berikut adalah cara memasak daging merah, dikutip dari laman indiatimes.com:

  1. Lemak yang ada di daging terlebih dahulu dihilangkan sebelum dimasak.
  2. Gunakan peralatan masak yang bersih, tujuannya agar bakteri tidak ikut tercampur dalam daging yang dioleh. bakteri yang menempel di alat masak bisa saja membuat daging menjadi tidak sehat.
  3. Jika kalian mengolah daging beku, simpan dahulu daging beku di luar ruangan, daging beku harus terkena suhu ruangan untuk mencairkan dan menghilangkan kandungan es di dalamnya. Dengan cara ini, daging akan lebih mudah dipotong dan akan matang merata saat dimasak. Kalau begini, rendah kemungkinan untuk terkontaminasi bakteri daging.
  4. Setelah bersih, daging merah tadi dicuci dan dibumbui dengan baik, olah daging sapi dengan cara direbus atau dipanggang menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat daripada minyak eceran.

Selain cara tadi, jangan lupa bahwa daging yang kalian konsumsi memiliki kandungan lemak yang rendah atau, kurangi porsi makan daging merah agar tetap sehat dan membuat masakan daging juga menjadi bergizi bagi tubuh.

Salah satu olehan dari daing adalah soto. Menu makanan Sotomenjadi salah satu alternatif menu makanan yang pas untuk makan siang. Meskipun ini soto daging, kalianjuga bisa membuat soto dengan bahan lain lho. Berikut iniadalah rekomendasi pengganti isian bumbu soto daging menu sotountuk kalian dan keluarga.

  1. Kikil
Baca Juga :  Resep Kue Kering Sederhana yang Dapat Anda Buat

Makanan khas Bogor, yakni Soto kikil merupakan menu yang menggunakan daging kikil dalam isian sotonya, kikil yang kenyal perlu di rebus lebih lamadibanding daging. Rasa soto kikil tidak berbeda dengan soto daging. Tentu rasanya tetap akan lebih nikmat jika kalian bisa mengolahdaging kikil dengan baik.Tips cara memasak daging  kikil bisa empuk dantidak berbau: Rebus kikil selama 2-3 jam hingga lunak. Setelah itu, tiriskankikil. Kemudian, rebus kikil dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, merica,ketumbar, garam, daun salam serta bumbu lain selama sekitar 1-2 jam lagi agarbaunya hilang. Jangan gunakan api besar saat merebus kikil.

  1. Tetelan

Tetelan merupakan sisa daging sapi yang melekat pada tulang sapi. Biasanya tetelan memang dijadikan bahan tambahan dalam berbagai jenis soto daging di Indonesia. Sebelum diolah menjadi soto, rebus dulu tetelan selama beberapa puluh menit bersama berbagai bumbu, dan tambahkan penyedap rasa varian sapi agar rasanya lebih gurih dan menambahkan kenikmatan pada soto tetelan. Rebuslah tetelan hingga empuk. Selain digunakan dalam soto, tetelan juga bisa diolah dalam sajian sayur sop lho.

  1. Babat

Soto Babat sudah tidak asing lagi dengan Kelezatan yang tidak kalah dari soto dagingsapi. Babat harus diolah hingga empuk, gunakan presto untuk cara memasak daging, atau merebusnya 2-3 jam. Setelahbabat siap, masak bersama bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri,jahe, dan ketumbar. Tambahkan daun salam, daun jeruk, serta serai aroma soto semakin sedap. Setelah itu, masak campuran babat dan bumbu tersebut dengansantan.

Author: Zack Armstrong