Olahan Ayam Goreng: Bumbu Ayam Geprek

bumbu ayam geprek

Olahan daging ayam memang menjadi makanan favorit bagi keluarga, hanyasaja hanya dengan memasak ayam goreng setiap hari pastinya akan membuatkeluarga di rumah juga bosan, karena rasanya yang itu-itu saja, untuk itu tidakada salahnya bagi para ibu di rumah untuk berkreasi mencoba berbagai macam menuyang tak kalah nikmat dan pastinya juga baru, sehingga nantinya keluarga yangada di rumah juga tidak bosan untuk mengkonsumsinya. Seperti ayam geprek, kuncirasa nikmatnya disini adalah bumbu ayam geprek. 

Beberapa waktu belakangan ini mungkin sudah tidak begitu asing lagi dengan makanan yang cukup hits yaitu ayam geprek. Yaitu olahan ayam goreng yang nantinya akan digeprek atau di hancurkan, sehingga membuatnya lebih lembut dan enak untuk dikonsumsi. Banyak hanya diantara artis-artis yang secara khusus membuat rumah makan dengan menu makanan yang satu ini. begitu juga dengan usaha-usaha di bidang kuliner yang lainnya. Sebenarnya untuk proses memasaknya sama, hanya saja yang membedakan adalah bumbu yang digunakan. 

Olahan ayam goreng geprek dari satu rumah makan dengan rumah makan yang lainnya pastinya akan jauh berbeda. Hal ini juga menyesuaikan dengan selera masing-masing dan bumbu yang digunakan, beberapa kalangan lebih senang dengan makanan yang pedas, namun juga ada yang tidak. Untuk mendapatkan ayam geprek yang nikmat kuncinya memang ada pada bumbu yang digunakan untuk memasak, namun tidak hanya itu, selain bumbu, maka berikut ini ada beberapa trik untuk memasak ayam geprek super nikmat yang dapat dicoba di rumah. Yaitu: 

  1. Gunakan ayam kampung, ayam kampung pada dasarnya memang berbeda dibandingkan dnegan ayam potong atau bahkan petelur, baik dari segi rasa maupun teksturnya, ia sedikit lebih keras dibandingkan dengan ayam potong, namun lebih gurih, bagian-bagian tertentu seperti tulang lunak adalah yang terbaik untuk membuat ayam geprek ini, karena nantinya tidak hanya daging saja, melainkan sampai ke bagian tulangnya sekalipun juga dapat dimakan.
  2. Sebelum menggoreng ayam tersebut, maka sebaiknya lumuri terlebih dahulu ayam dnegan bumbu dan biarkan hingga semalaman, ini mirip seperti ayam ungkep, melumuri ayam dalam jangka waktu yang agak lama ini memiliki tujuan agar nantinya rasa bumbu tersebut bisa terserap secara menyeluruh hingga ke bagian dalam daging ayam, sehingga terasa jauh lebih gurih nikmat.
  3. Untuk mendapatkan daging ayam yang lebih lunak atau empuk, maka bisa merebus ayam tersebut bersama dengan bumbu-bumbu terlebih dahulu, untuk jenis daging ayam layaknya ayam kampung ini memang pada dasarnya lebih berotot sehingga terkadang sedikit lebih keras untuk dimakan, sehingga agar daging ayam tersebut lebih lembut rasanya maka sangat dianjurkan untuk merebusnya bersama dengan bumbu-bumbu terlebih dahulu sebelum digoreng.
  4. Sambal geprek adalah kuncinya untuk mendapatkan rasa yang benar-benar nikmat, inilah yang membedakan antara satu sajian ayam geprek dengan yang lainnya, tak lain adalah dari resep sambal yang digunakan berbeda-beda, ada yang memakai sambal biasa, namun juga ada yang menggunakan sambal matah, hingga sambal bawang, menyesuaikan dengan selera juga. Begitu pun dengan tingkat kepedasan yang diinginkan.
Baca Juga :  Resep Kue Kering Sederhana yang Dapat Anda Buat

Memang tidak bisa dipungkiri jika seandainya olahanayam goreng inibegitu banyak, tidak akan membosankan jika seandainya terus dikreasikan. Takhanya cocok dikonsumsi sendiri, melainkan juga untuk usaha.

Author: Zack Armstrong